Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi Agen Kami
Distributor Obat Herbal De Nature Indonesia

Grosir Pusat Obat Herbal Denature Indonesia

Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster

Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster

Herpes zoster yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Setelah seseorang menderita cacar air, virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif atau laten) pada satu atau lebih ganglia (pusat saraf) posterior. Apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster.

herpes_zoster

Dikulit,virus akan memperbanyak diri (multiplikasi) dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut. Herper zoster cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti penderita AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma.
Herpes zoster merupakan penyakit yang menular Karena Herpes zoster ditularkan antarmanusia melalui kontak langsung, salah satunya adalah transmisi melalui pernapasan sehingga virus tersebut dapat menjadi epidemik di antara inang yang rentan. Resiko terjangkit herpes zoster terkait dengan pertambahan usia. Hal ini berkaitan adanya immunosenescence, yaitu penurunan sistem imun secara bertahap sebagai bagian dari proses penuaan.

Selain itu, hal ini juga terkait dengan penurunan jumlah sel yang terkait dalam imunitas melawan virus varicella-zoster pada usia tertentu. Penderita imunosupresi, seperti pasien HIV/AIDS yang mengalami penurunan CD4 sel-T, akan berpeluang lebih besar menderita herpes zoster sebagai bagian dari infeksi oportunistik.

Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Genetalis dan Herpes Zoster.

1. Herpes Genetalis adalah infeksi atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS), Sedangkan Herpes Zoster atau dengan nama lain ‘shingles’ adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menimbulkan gelembung cairan hampir pada bagian seluruh tubuh.

2. Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama, Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air. Herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

Seperti Apa Cara Penularan Penyakit Herpes Zoster ?

Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah.

Pada penyakit Herpes Genitalis (genetalia), penularan terjadi melalui prilaku sex. Sehingga penyakit Herpes genetalis ini kadang diderita dibagian mulut akibat oral sex. Gejalanya akan timbul dalam masa 7-21 hari setelah seseorang mengalami kontak (terserang) virus varicella-zoster.

Gejala pada herpes zoster yang harus diketahui adalah :

Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah :

  • Demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian rubuh,
  • Munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair.
  • Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut.

Penyebab pada herpes zoster pada umumnya adalah :

• Lemahnya sistem kekebalan tubuh yang di akibatkan karena beberapa hal seperti terinfeksi HIV dan lain sebagainya

• Hubungan yang tidak aman seperti oral seks,anal seks

• Terjadi kontak dengan air liur seseorang yang terinfeksi HSV-1

• Bayi yang di lahirkan oleh ibu yang terinfeksi HSV-2.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster Adalah :

Cara mengobati herpe zoster sama seperti mengobati cacar air, tidak ada langkah khusus untuk menangani herpes zoster. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala sampai penyakit ini sembuh dengan sendirinya. Masa penyembuhan herpes zoster rata-rata membutuhkan waktu 14-28 hari.

Langkah pengobatan medis yang dapat dilakukan untuk mempercepat kesembuhan sekaligus mengurangi risiko komplikasi adalah :

  • Dengan pemberian obat antivirus. Contohnya, acyclovir dan famciclovir.
  • Obat antivirus paling efektif jika diminum dalam tiga hari setelah ruam muncul dan biasanya diberikan oleh dokter untuk digunakan pengidap selama maksimal 10 hari.

Kelompok orang yang khususnya memerlukan obat antivirus meliputi manula dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun seperti pengidap kanker, HIV serta diabetes. Selain itu, antivirus juga diberikan pada pengidap dengan ruam atau nyeri yang parah dan jika herpes zoster berdampak pada mata.

Menangani rasa nyeri sedini mungkin juga dapat menghindarkan pengidap dari gangguan saraf yang dapat menyebabkan rasa nyeri berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah ruam sembuh.

Untuk mengatasi rasa nyeri, ada beberapa jenis obat yang biasanya akan diberikan dokter. Di antaranya:

  1. Obat pereda sakit, misalnya parasetamol, aspirin, ibuprofen dan kodein.
  2. Obat antikonvulsan, misalnya gabapentin.
  3. Obat antidepresan trisiklik (TCA), misalnya amitriptyline dan nortriptyline. Dokter biasa akan meningkatkan dosis obat ini perlahan-lahan sampai rasa nyeri dapat teratasi.
  4. Obat antikonvulsan dan antidepresan umumnya membutuhkan waktu beberapa minggu sampai keefektifannya dapat dirasakan pengidap.

Selain penanganan dengan obat-obatan, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengurangi gejala yang Anda alami. Misalnya dengan mengenakan pakaian berbahan lembut seperti katun serta menutup ruam agar tetap bersih dan kering untuk mengurangi iritasi dan risiko infeksi. Tetapi hindari penggunaan plester atau apa pun yang berbahan perekat agar tidak menambah iritasi.

Jika ruam terasa gatal, Anda dapat menggunakan salep salwa dari De Nature untuk menguranginya. Tetapi hindarilah pemakaian antibiotik oles karena dapat memperlambat proses penyembuhan. Sedangkan luka melepuh yang berair dapat dirawat dan dibersihkan dengan kompres air dingin.Bila penyakit herpes zoster tidak kunjung sembuh anda bisa mengobatinya dengan obat paket herpes herbal De Nature.

Online Chat
Klik Di Sini
Related Posts
Obat Herpes Manjur
Mengenal Penyakit Herpes. Penyakit Herpes adalah sejenis penyakit...
Cara Pengobatan Herpes Di Kaki
Bintik-bintik gatal herpes pada kaki anda bisa membuat frustasi sebab...
Cara Pengobatan Herpes Di Wajah
Cara Pengobatan Herpes Diwajah Herpes diwajah sangat umum dan juga...
Cara  Menghilangkan Bekas Virus Herpes
Cara Menghilangkan Bekas Virus Herpes Herpes adalah penyakit radang...
Apa Istilah Chikenpox Pada Herpes Zoster ?
Apa Istilah Chikenpox Pada Herpes Zoster ? Chickenpox (cacar air),...
Cara Mengobati Penyakit Herpes Simpleks
Cara Mengobati Penyakit Herpes Simpleks Apa Herpes Simpleks Itu...
Cara Mengatasi Herpes Genital Pada Wanita
Cara Mengatasi Herpes Genital Pada Wanita Herpes genital adalah...
Cara Mengobati Herpes Di Selangkangan
Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu activitas...
© 2015 - DISTRIBUTOR OBAT HERBAL DE NATURE INDONESIA All Rights Reserved